WAHYUNI, SRI (2025) PERAN SEKOLAH PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DI SEKOLAH SMP NEGERI 22 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (531kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (882kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
SRI WAHYUNI_ 2111270055.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran Sekolah Penggerak dalam meningkatkan prestasi siswa di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Fokus penelitian mencakup: implementasi kurikulum merdeka, peningkatan prestasi siswa, dan pengembangan kompetensi peserta didik. Latar belakang dari penelitian ini dilandasi oleh program transformasi pendidikan yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Sekolah Penggerak, yang bertujuan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila melalui pendekatan pembelajaran yang holistik, berbasis kompetensi, dan berorientasi karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, serta peserta didik di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Sekolah Penggerak berperan signifikan dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, terutama dalam memfasilitasi pembelajaran berdiferensiasi, penguatan literasi dan numerasi, serta peningkatan karakter siswa. Selain itu, guru dan kepala sekolah yang telah mendapatkan pelatihan dan pendampingan mampu mengelola pembelajaran lebih efektif dan berpusat pada peserta didik. Meskipun demikian, masih ditemukan hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana, rendahnya penguasaan teknologi oleh sebagian guru, dan kurangnya partisipasi aktif peserta didik. Kesimpulanny Sekolah Penggerak di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu telah menunjukkan peran positif dalam meningkatkan prestasi siswa baik dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Penggerak, Kurikulum Merdeka, Prestasi Siswa, Kompetensi, Transformasi Pendidikan. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2025 01:23 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2025 02:32 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year