Sari, Pesti Puspita (2025) MENGOPTIMALKAN PERAN GURU KELAS DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I DI SDN 78 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
Pesti Puspita Sari_2111240147.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana peran guru kelas dalam membentuk kecerdasan emosional siswa kelas I di SDN 78 Kota Bengkulu, serta mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses tersebut dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasinya. Kecerdasan emosional merupakan aspek penting dalam perkembangan anak, khususnya pada jenjang sekolah dasar, karena berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam mengenali, memahami, dan mengelola emosi mereka, serta menjalin hubungan sosial yang sehat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru kelas I dan kepala sekolah, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas berperan aktif dalam membentuk kecerdasan emosional siswa melalui strategi seperti kegiatan reflektif, bercerita, permainan kelompok, dan pemberian reward positif. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan siswa dalam mengekspresikan emosi secara verbal, latar belakang keluarga yang kurang mendukung, dan keterbatasan waktu pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, guru melakukan komunikasi intensif dengan orang tua, adaptasi metode pembelajaran, dan pemberian perhatian khusus kepada siswa. Kesimpulannya, peran guru kelas sangat penting dan berpengaruh dalam membentuk kecerdasan emosional siswa kelas I. Dukungan strategi yang tepat serta upaya adaptif guru sangat membantu dalam mengembangkan keterampilan emosional anak sejak dini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Kelas, Kecerdasan Emosional, Siswa Kelas I | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:33 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year