SASTRI, FADILLA LESI (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5C SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (355kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
FADILLA LESI SASTRI_ 2111240206.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SD Negeri 20 Kota Bengkulu pada kelas 5C, ditemukan bahwa beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal berhitung. Salah satu faktor utama yang menyebabkan rendahnya kemampuan berhitung siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika kelas 5.C SDN 20 Kota Bengkulu dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika kelas 5.C SDN 20 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: Implementasi model pembelajaran kolaboratif di kelas 5C SD Negeri 20 Kota Bengkulu bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematika melalui kerja sama antar siswa. Metode yang digunakan termasuk pembagian kelompok, diskusi, dan penggunaan aplikasi interaktif. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan pemahaman konsep, motivasi, dan keterampilan sosial. Namun, tantangan yang muncul adalah ketidakseriusan beberapa siswa dan perbedaan tingkat pemahaman antar siswa, yang dapat mengganggu dinamika kelompok. Secara keseluruhan, model ini efektif jika dikelola dengan baik oleh guru dan siswa. Faktor pendukung implementasi model pembelajaran kolaboratif di kelas 5C SD Negeri 20 Kota Bengkulu adalah faktor kerjasama siswa, suasana yang menyenangkan dan adanya dukungan sekolah. Faktor penghambat adalah ketidakseriusan siswa dalam belajar dan perbedaan tingkat kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, kolaboratif, matematika | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year