PENGARUH TEKNIK SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

FITRIAN, LOZITA (2025) PENGARUH TEKNIK SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI TERPADU MUTIARA ASSYIFA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (289kB)
[img] Text (Skripsi)
LOZITA FITRIANI_2111240157.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan teknik scramble terhadap hasil belajar membaca siswa kelas IV MI Terpadu Mutiara Assyifa Kota Bengkulu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran teknik scramble dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Penilaian hasil belajar dilakukan pada tiga ranah, yaitu kognitif (menyusun kalimat, menemukan makna kata, antonim), psikomotor (membaca teks secara bergiliran dan mengucapkan kalimat dari kata acak), serta afektif (minat belajar dan keaktifan siswa selama pembelajaran). Tes awal menunjukkan rata-rata nilai awal 65 pada kedua kelompok, sedangkan Tes akhir menunjukkan peningkatan rata-rata menjadi 85 pada kelompok eksperimen (selisih 20 poin) dan 70 pada kelompok kontrol (selisih 5 poin). Peningkatan yang signifikan dan merata pada kelompok eksperimen menunjukkan efektivitas teknik scramble dalam meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Distribusi skor pada kelompok eksperimen juga menunjukkan kemajuan yang merata, termasuk bagi siswa dengan nilai awal rendah. Hasil ini membuktikan bahwa teknik scramble tidak hanya efektif secara umum tetapi juga mampu membantu meningkatkan kemampuan individu siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYurmani, Asmara196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknik Scrambel, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:14
Last Modified: 25 Sep 2025 04:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year