PUTRI, MENTARI RAR (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (539kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (815kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (718kB) |
|
|
Text (Skripsi)
MENTARI RARA PUTRI_2111290004.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa indonesia materi menulis teks pidato pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu dan untuk melihat kelayakan modul pembelajaran bahasa indonesia materi menulis teks pidato pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil dari produk yang telah dikembangkan “Sangat Layak atau Sangat Menarik” untuk dijadikan bahan ajar, penilaian tersebut dihasilkan berdasarkan validasi produk. Hasil penilaian dari ahli materi terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 92% dan validator 2 mencapai kriteria “Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 75%. Hasil penilaian dari ahli bahasa terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 90% dan validator 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 91%. Hasil penilaian dari ahli media atau desain terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 94% dan validator 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 91%. Hasil analisis tes peserta didik SMP Negeri 15 Kota Bengkulu terhadap modul pembelajaran bahasa Indonesia materi teks ulasan yang dikembangkan oleh peneliti baik dalam uji coba kelompok kecil presentase skor yang diperoleh yaitu 83% “Sangat Baik” dan uji coba kelompok besar presentase yang diperoleh yaitu 94% dengan kriteria interpretasi yang dicapai yaitu “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan berhasil untuk digunakan sebagai alat bantu belajar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Ajar, Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Menulis Teks Pidato | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 04:48 | ||||||||||||
| Last Modified: | 25 Sep 2025 04:48 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics