PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRI, MENTARI RAR (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS PIDATO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (718kB)
[img] Text (Skripsi)
MENTARI RARA PUTRI_2111290004.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran bahasa indonesia materi menulis teks pidato pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu dan untuk melihat kelayakan modul pembelajaran bahasa indonesia materi menulis teks pidato pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil dari produk yang telah dikembangkan “Sangat Layak atau Sangat Menarik” untuk dijadikan bahan ajar, penilaian tersebut dihasilkan berdasarkan validasi produk. Hasil penilaian dari ahli materi terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 92% dan validator 2 mencapai kriteria “Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 75%. Hasil penilaian dari ahli bahasa terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 90% dan validator 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 91%. Hasil penilaian dari ahli media atau desain terdapat 2 validator, validator 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 94% dan validator 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan persentase yang diperoleh yaitu 91%. Hasil analisis tes peserta didik SMP Negeri 15 Kota Bengkulu terhadap modul pembelajaran bahasa Indonesia materi teks ulasan yang dikembangkan oleh peneliti baik dalam uji coba kelompok kecil presentase skor yang diperoleh yaitu 83% “Sangat Baik” dan uji coba kelompok besar presentase yang diperoleh yaitu 94% dengan kriteria interpretasi yang dicapai yaitu “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan berhasil untuk digunakan sebagai alat bantu belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAndra, Vebbi198502272011011009UNSPECIFIED
Thesis advisorFriantary, Heny198508022015032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Ajar, Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Menulis Teks Pidato
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:48
Last Modified: 25 Sep 2025 04:48
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5457

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year