NENGSIH, LESTARI (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQH PADA PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 KOTA BENGKULU. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (272kB) |
![]() |
Text (Tesis)
LESTARI NENGSIH_2223540042.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif guna meningkatkan mutu pembelajaran Fiqh pada peserta didik kelas VII di MTsN 1 Kota Bengkulu dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengembangan e-modul ini dilakukan melalui lima tahap: analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan materi dan media, implementasi produk, serta evaluasi kelayakan dan efektivitas. Penelitian ini divalidasi oleh 2 dosen ahli dan 1 guru Fiqh di MTsN 1 Kota Bengkulu. 1 dosen ahli bidang materi dan 1 dosen ahli bidang media, dan 1 guru Fiqh. Uji skala kecil pada penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 6 orang peserta didik yang di ambil dari peserta didik MTsN 1 Kota Bengkulu, Uji skala besar menggunakan sampel sejumlah 30 peserta didik yang di ambil dari peserta didik kelas VII F MTsN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan di MTsN 1 Kota Bengkulu dengan random sampling dan data di ambil dari MTsN 1 Kota Bengkulu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki kelayakan yang sangat tinggi. Penilaian terhadap aspek materi memperoleh persentase sebesar 92,4%, aspek media 94,2%, dan penilaian dari guru Fiqh 96%, yang semuanya tergolong sangat layak untuk digunakan. Penerapan e-modul ini juga menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sebelum menggunakan e-modul, nilai rata-rata hasil belajar Fiqh peserta didik adalah 69,5%, dan setelah menggunakan e-modul, nilai rata-rata meningkat menjadi 82,13%. Respon peserta didik terhadap e-modul ini menunjukkan hasil yang baik dengan persentase 84,8%. Pengembangan e-modul interaktif ini terbukti dapat mendukung proses pembelajaran Fiqh di MTsN 1 Kota Bengkulu, dengan desain yang menarik, konten yang mudah dipahami, dan kesesuaian dengan tujuan pembelajaran yang mencakup penilaian spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa emodul interaktif dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-modul interaktif, Mutu Pembelajaran, Fiqh, pengembangan ADDIE, efektivitas pembelajaran, MTsN 1 Kota Bengkulu | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year