WULANDARI, MONICA (2025) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) UNTUK MENINGKATKAN PENGAMALAN NILAI-NILAI PROFIL PANCASILA BERKEBHINEKAAN GLOBAL KELAS 5 SD ISLAM AL AZHAR 51 BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (927kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
MONICA WULANDARI _2111240187.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pendekatan pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan pengamalan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, khususnya pada dimensi berkebhinekaan global, di kelas V SD Islam Al Azhar 51 Bengkulu. Pendekatan CRT dipilih karena diyakini mampu menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dengan mengintegrasikan keberagaman budaya ke dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRT memberikan peluang besar dalam membentuk karakter siswa yang menghargai perbedaan budaya melalui kegiatan kontekstual seperti diskusi budaya, proyek kelas bertema lokal, dan media pembelajaran yang berbasis kearifan lokal. Dukungan sekolah dan kreativitas guru menjadi faktor kunci keberhasilan implementasi ini. Namun demikian, tantangan tetap ada, antara lain keterbatasan bahan ajar yang relevan, waktu pelaksanaan yang terbatas, dan perbedaan persepsi antar siswa yang memerlukan penanganan pedagogis yang bijak. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, kolaborasi antara sekolah dan orang tua, serta pengembangan media ajar berbasis budaya sebagai langkah strategis dalam memperkuat nilai-nilai kebhinekaan global di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Culturally Responsive Teaching, Profil Pelajar Pancasila, Berkebhinekaan Global, Pembelajaran Berbasis Budaya, Pendidikan Dasar. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:09 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year