PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 56 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SARI, YIMITA (2025) PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 56 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (275kB)
[img] Text (SKRIPSI)
YIMITA SARI_2111240012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar menuntut inovasi dalam pendekatan instruksional. Urgensi ini mendorong penelitian tentang efektivitas metode Inquiry Learning dalam menstimulasi daya nalar kritis siswa. Pertanyaan utama yang dijawab adalah: Apakah metode Inquiry Learning secara signifikan memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental OneGroup Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V. Instrumen berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data mencakup tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji-t dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Inquiry Learning memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001 < α (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin intensif metode ini diterapkan, semakin tinggi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penguatan model pembelajaran aktif berbasis eksplorasi dalam konteks pendidikan dasar. Disarankan agar penelitian lanjutan mengeksplorasi variabel moderasi seperti motivasi belajar atau kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorZazrianita, Fera197902172009122023UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Inquiry Learning, Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Aktif, Pendidikan Dasar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:04
Last Modified: 29 Sep 2025 03:04
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year