SARI, YIMITA (2025) PENGARUH METODE INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 56 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (292kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text (SKRIPSI)
YIMITA SARI_2111240012.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Inquiry Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SDN 56 Kota Bengkulu. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar menuntut inovasi dalam pendekatan instruksional. Urgensi ini mendorong penelitian tentang efektivitas metode Inquiry Learning dalam menstimulasi daya nalar kritis siswa. Pertanyaan utama yang dijawab adalah: Apakah metode Inquiry Learning secara signifikan memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-Experimental OneGroup Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V. Instrumen berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data mencakup tes, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, serta uji-t dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Inquiry Learning memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi uji-t sebesar 0,001 < α (0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin intensif metode ini diterapkan, semakin tinggi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap penguatan model pembelajaran aktif berbasis eksplorasi dalam konteks pendidikan dasar. Disarankan agar penelitian lanjutan mengeksplorasi variabel moderasi seperti motivasi belajar atau kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inquiry Learning, Berpikir Kritis, Bahasa Indonesia, Pembelajaran Aktif, Pendidikan Dasar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:04 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5491 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year