SATRIANI, LEVY (2025) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD IT IQRA 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (906kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (276kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
LEVY SATRIANI_2111240169.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Matematika di SD IT Iqra 1 Kota Bengkulu. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap pelajaran Matematika yang berdampak pada hasil belajar yang belum optimal. Kurangnya ketertarikan siswa terhadap pelajaran ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru di kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru kelas II, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran, yaitu sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan penasehat. Guru tidak hanya menyampaikan materi, tetapi juga memberikan motivasi, perhatian, serta menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa. Strategi yang diterapkan guru antara lain menggunakan media konkret dalam pembelajaran, menerapkan metode yang bervariasi seperti bermain sambil belajar, dan membangun komunikasi yang baik dengan siswa. Kendala yang dihadapi guru meliputi keterbatasan media dan sarana pembelajaran, perbedaan karakteristik siswa, dan kurangnya pelatihan teknologi. Namun, guru tetap berusaha mencari solusi seperti belajar mandiri, saling berbagi pengalaman dengan rekan sejawat, serta menyesuaikan metode mengajar sesuai kondisi siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa peran aktif guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap pelajaran Matematika di kelas II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Minat Belajar, Matematika, Siswa Kelas II | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:25 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5502 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year