PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 01 TALANG PADANG KABUPATEN EMPAT LAWANG

Downloads

Downloads per month over past year

Sulaiha, Sulaiha (2025) PENGEMBANGAN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 01 TALANG PADANG KABUPATEN EMPAT LAWANG. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (373kB)
[img] Text (SKIRPSI)
SULAIHA_2111270037.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta faktor pendorong dan penghambat pendidikan karakter kepedulian sosial pada siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 01 Talang Padang Kabupaten Empat Lawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, guru IPS, guru BK, serta siswa kelas VIII. Analisis data dilakukan secara induktif melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan melalui mengintegrasikan materi karakter kepedulian sosial dengan materi IPS, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengintegrasikan materi karakter kepedulian sosial dengan kegiatan sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan melalui langka-langka berikut: membuka dan menyampaikan tujuan pembelajaran yang terkait dengan karakter kepedulian sosial, mendemonstrasikan pembelajaran dengan materi karakter kepedulian sosial yang kontekstual, menyimpulkan hasil capaian tujuan pembelajaran karakter kepedulian sosial, rekomendasi guru/saran guru terkait pembiasaan karakter kepedulian sosial dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendorong pembentukan karakter kepedulian sosial adalah peran guru, serta dukungan dari keluarga dan masyarakat. Adapun faktor penghambatnya meliputi pengaruh budaya individualistik, keterbatasan waktu guru, minimnya pelatihan pendidikan karakter, serta lingkungan keluarga yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSamsudin, Samsudin197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: endidikan karakter, kepedulian sosial, pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:29
Last Modified: 29 Sep 2025 03:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5505

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year