FACHROZI, AHMAD DEKA (2025) PENERAPAN STRATEGI ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI 66 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (Skripsi)
AHMAD DEKA FACHROZI_2111240082.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi ice breaking dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi belajar sebagai faktor kunci dalam keberhasilan siswa, terutama di jenjang sekolah dasar. Guru menyadari bahwa siswa di kelas III memiliki karakteristik unik, seperti rentang konsentrasi yang terbatas dan kecenderungan mudah bosan. Meskipun guru telah mencoba berbagai strategi pembelajaran, mereka masih mengalami kesulitan dalam menjaga konsistensi motivasi siswa, terutama saat jam pelajaran berlangsung lama atau ketika materi dianggap sulit. Oleh karena itu, penelitian ini hadir untuk mengkaji secara mendalam bagaimana strategi ice breaking dapat menjadi solusi efektif untuk menyegarkan suasana belajar, meningkatkan antusiasme, dan menjaga motivasi siswa agar proses pembelajaran menjadi lebih kondusif dan produktif. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana peneliti mengeksplorasi, memahami dan menafsirkan fenomena sosial dalam lingkungan aslinya untuk mendapatkan hasil penelitian. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis melalui kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ice breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Negeri 66 Kota Bengkulu. Pemanfaatan strategi ini berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih hidup, mendorong partisipasi aktif siswa, dan secara efektif mengurangi kejenuhan. Guru dan siswa mengakui bahwa ice breaking tidak hanya berfungsi sebagai selingan, tetapi juga sebagai alat penting untuk mempersiapkan siswa secara mental dan emosional agar lebih siap menerima materi pelajaran. Meskipun demikian, ditemukan beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan variasi kegiatan, yang menjadi tantangan bagi guru dalam implementasi strategi ini secara optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, ice breaking, motivasi belajar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Sep 2025 03:40 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5509 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year