PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII DI MTS ROUDLOTUR ROSMANI

Downloads

Downloads per month over past year

Pratama, Rendy Ario (2025) PENERAPAN METODE BELAJAR AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII DI MTS ROUDLOTUR ROSMANI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text (Skripsi)
RENDI ARIO PRATAMA_2111290036.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pendidikan di kelas VII, di mana siswa mulai mempelajari berbagai mata pelajaran yang lebih mendalam dibandingkan dengan pendidikan dasar. Dalam konteks ini, interaksi antara guru, siswa, dan materi ajar menjadi sangat penting untuk menciptakan proses pembelajaran yang optimal. Penerapan pendidikan menurut Slameto menekankan integrasi antara teori pendidikan yang ada dengan kebutuhan nyata di lapangan, yang mencakup kurikulum, strategi pengajaran, dan evaluasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Siswa sebagai individu unik memiliki kesiapan dan kemampuan fisik, psikis, serta intelektual yang berbedabeda. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memahami karakteristik masingmasing siswa agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini, siswa berperan sebagai komponen inti dalam kegiatan pendidikan. Melalui penelitian ini, penulis juga mengungkapkan pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran, terutama dalam pelajaran Bahasa Inggris atau Bahasa daerah. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai pengantar dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik, sehingga proses pembelajaran tidak terhambat Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa dikelas VII serta memberikan wawasan bagi pendidik dalam menghadapi tantangan di lapangan dengan demikian diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan secara harmonis dan mencapai tujuan pendidikan yang di inginkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSatria, Irwan197407182003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorWediasti, Welti199012172022032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Belajar Aktif, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Mts Roudlotur Rosmani
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:00
Last Modified: 29 Sep 2025 04:00
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5517

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year