UPAYA GURU IPS DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN DI SMP PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

Sinta, Tiara Della (2025) UPAYA GURU IPS DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POTENSI EKONOMI LINGKUNGAN DI SMP PLUS JA-ALHAQ KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (530kB)
[img] Text (Skripsi)
TIARA DELLA SINTA_211127007_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Potensi Ekonomi Lingkungan di SMP Plus Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Penelitian ini berfokus pada strategi dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan oleh guru untuk mendorong siswa agar memiliki keterampilan analisis, evaluasi, dan pemecahan masalah yang sistematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta studi dokumentasi terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memperoleh gambaran yang mendalam dan komprehensif mengenai proses pembelajaran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS menerapkan strategi pembelajaran yang efektif, seperti metode pembelajaran berbasis masalah (problem solving), penggunaan media dan teknologi, serta pendekatan kontekstual yang menghubungkan materi pelajaran dengan kondisi lingkungan siswa. Upaya ini berhasil meningkatkan partisipasi aktif siswa dan menumbuhkan sikap reflektif serta kemandirian dalam berpikir. Meskipun menghadapi beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu dan fasilitas, guru mampu beradaptasi dengan menyesuaikan metode pengajaran. Secara keseluruhan, upaya guru terbukti efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Potensi Ekonomi Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorismail, Ismail197206112005011002UNSPECIFIED
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah196308231994032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: guru IPS, berpikir kritis, potensi ekonomi lingkungan, strategi pembelajaran
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:11
Last Modified: 29 Sep 2025 07:11
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5529

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year