IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KREATIF UNTUK MENAMPUNG KEBERAGAMAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

SHERLIANA, ZHAHWA (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KREATIF UNTUK MENAMPUNG KEBERAGAMAN BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (243kB)
[img] Text (Skripsi)
ZHAHWA SHERLIANA_2111210020.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran berdiferensiasi kreatif untuk menampung keberagaman belajar siswa serta dampak yang ditimbulkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupawawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru PAI dan siswa-siswi kelas XII.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menerapkan pembelajaran berdiferensiasi secara kreatif melalui penggunaan strategi dan metode yang bervariasi, pemanfaatan media digital, serta pemberian kebebasan kepada siswa dalam memilih bentuk tugas yang sesuai dengan gaya belajar masingmasing. Pembelajaran tidak hanya menyesuaikan konten dan proses, tetapi juga produk pembelajaran. Dampak dari implementasi ini terlihat pada meningkatnya motivasi, partisipasi aktif, serta hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun sikap spiritual. Meskipun dihadapkan pada beberapa kendala seperti mood siswa yang fluktuatif dan keterbatasan akses teknologi, guru mampu mengatasinya dengan pendekatan yang fleksibel dan adaptif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi kreatif mampu menampung keberagaman belajar siswa secara efektif, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan,serta mendorong perkembangan potensi siswa secara menyeluruh dalam pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKarni, Asniti197203122000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorJelita, Dian199401142019032012UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kreativitas,Keberagaman Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:23
Last Modified: 29 Sep 2025 07:24
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5533

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year