IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MATERI MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DI KELAS VIII MTs PANCASILA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MARLINA, RENI (2025) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MATERI MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DI KELAS VIII MTs PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text
DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB IIII.pdf

Download (574kB)
[img] Text (Skripsi)
RENI MARLINA_2111290055_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Materi Menyajikan Teks Persuasi Secara Tulis Di Kelas VIII MTs Pancasila Kota Bengkulu ini bertujuan mendeskripsikan dari implementasi model yang telah diterapkan oleh guru sesuai rancangan yang telah disusun oleh guru. Penelitian ini guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII sebagai subjeknya. Penelitian ini dilakukan di MTs Pancasila Kota Bengkulu. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatannya adalah deskriptif. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa hasil wawancara dan observasi bersama guru bahasa indonesia mengenai proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam materi menyajikan teks persuasi secara tulis di kelas VIII MTs Pancasila Kota Bengkulu, dari tahap pembelajaran Model Project Based Learning pada tahap pertama yaitu menentukan pertanyaan dasar telah terlaksanakan dengan baik, begitupun dengan tahap kedua yaitu merancang perencanaan produk yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru dan peserta didik terlaksanan dengan baik, tahap ketiga mengatur jadwal pengerjaan dan pengumpulan proyek telah terlaksana dengan baik, tahap keempat memnatau perkembangan proyek juga telah terlaksana namun kurang baik, tahap kelima menguji hasil yaitu dalam menyampikan hasil proyek terlaksana dengan baik, tahap terakhir mengevaluasi pengetahuan terlaksana cukup baik. Faktor yang menjadi penghambat penerapan model ini adalah kurangnya fasilitas sekolah yang kurang mendukung namun penerapan ini menjadi efesien karena antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Dalam Materi Menyajikan Teks Persuasi Secara Tulis Di Kelas VIII MTs Pancasila Kota Bengkulu telah terlaksanakan dengan baik sesuai dengan tahap pembelajaran model Project Based Learning dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang telah dirancang oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorFriantary, Heny198508022015032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: model Project Based Learning, menyajikan teks persuasi secara tuli
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 29 Sep 2025 07:35
Last Modified: 29 Sep 2025 07:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5539

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year