PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN SMART HOME CREATIVE UNTUK ANAK USIA DINI DI RA AS-SHAFFAH KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

KHASISAH, FITRI (2025) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN SMART HOME CREATIVE UNTUK ANAK USIA DINI DI RA AS-SHAFFAH KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
FITRI KHASISAH_2111250006.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan smart home creative untuk anak usia dini, menganalisis kelayakan produk alat permainan yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development, dan Disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah langsung dengan kepala sekolah RA As-Shaffah Kota Bengkulu, dengan jumlah peserta didik sebanyak 8 siswa. Adapun objek penelitian ini adalah pengembangan alat permainan smart home creative untuk anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat permainan yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini untuk meningkatkan perkembangan anak. Hal ini dibuktikan melalui hasil validasi oleh para ahli, yang menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, dengan persentase kelayakan oleh ahli materi sebesar 91%, ahli bahasa sebesar 83%, dan ahli media sebesar 61%. Selanjutnya, uji coba kepada 8 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini memiliki tingkat kepraktisan yang sangat tinggi berdasarkan respons guru dengan persentase sebesar 98,33% .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung146110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorBudrianto, Budrianto199128082023211021UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Alat permainan, Smart Home Creative, Perkembangan Anak
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 29 Sep 2025 08:13
Last Modified: 29 Sep 2025 08:13
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5556

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year