Handayani, Ririn (2025) MANAJEMEN PROGRAM GURU PENGGERAK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 ULU MUSI. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
![]() |
Text
cover NEW.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (595kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text (TESIS)
SKRIPSI RIRIN HANDAYANI NIM 2323550006 (1).pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka melahirkan banyak kebijakan baru yang mendukung program peningkatan kualitas dalam pembelajaran, salah satunya program guru penggerak. Adanya program guru penggerak di sekolah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis Manajemen program guru penggerak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran; 2) menjabarkan faktor- faktor yang mempengaruhi program guru penggerak di SMA Negeri 1 Ulu Musi. Penelitian lapangan ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi guru penggerak bidang studi Matematika, Kepala sekolah, Wakil Kurikulum, peserta didik kelas XI delapan (8) orang di pilih secara pusposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen program guru penggerak di SMA Negeri 1 Ulu Musi sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dimulai dari Perencanaan: a) Adanya pemetaan guru dan pembelajaran, b) Tujuan program selaras dengan visi dan misi sekolah, dan c) keterlibatan stakeholder. Selanjutnya Pengorganisasian: a) Tingkat keaktifan guru mengikuti pelatihan, b) Bentuk dukungan kepala sekolah dan pengawas, dan c) Penerapan praktik baik pada pembelajaran. Kemudian Pengimplementasian: a) Guru menerapkan strategi/metode baru yang inovatif, b) peningkatan keterlibatan dan capaian siswa, c) Munculnya kolaborasi dan inovasi dilingkungan sekolah. Berakhir dengan Pengawasan program: a) penerapan strategi/metode baru yang inovatif oleh guru, b) terdapat perbaikan program berdasarkan hasil evaluasi.; 2) faktor yang mempengaruhi program guru penggerak di SMA Negeri 1 Ulu Musi: 1) motivasi siswa dalam pembelajaran; 2) metode yang diterapkan dalam pembelajaran; 3) inovasi dalam pembelajaran; dan 4) teknik Evaluasi Pembelajaran. Adanya kebaharuan pada konsep manajemen pendidikan yaitu manajemen program guru penggerak yang dapat terlihat dari indikator serta sub indikatornya dalam menjawab tujuan penelitian dapa terlihat pada peserta didik yang menunjukkan minat yang tinggi dan pemahaman yang lebih baik terhadap materi matematika karena pembelajaran yang inovatif.
Item Type: | Thesis (Magister (S2)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | manajemen guru penggerak, kualitas pembelajaran SMA, Kurikulum merdeka | ||||||||||||
Subjects: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (S2) | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Sep 2025 00:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2025 00:58 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year