MEDIA SOSIAL SEBAGAI RUANG PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI MAHASISWA KONTEN KREATOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

PUTRA, ADJI WAHYU (2025) MEDIA SOSIAL SEBAGAI RUANG PEMBENTUKAN IDENTITAS DIRI MAHASISWA KONTEN KREATOR (Studi Kasus Pada Mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI ADJI WAHYU PUTRA NIM 2111320064.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembentukan identitas diri mahasiswa konten kreator di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu melalui media sosial sebagai ruang ekspresi kreatif. Pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif dengan desain studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap lima mahasiswa konten kreator. Analisis difokuskan pada dinamika eksplorasi dan komitmen dalam pembentukan identitas kreatif digital. Hasil penelitian mengidentifikasi tiga status identitas: Identity Achievement, yang ditandai oleh eksplorasi matang dan komitmen terhadap gaya konten yang konsisten serta sesuai minat dan karakter personal; Identity Moratorium, yang menunjukkan fase eksplorasi intens terhadap berbagai tren dan gaya konten, namun belum terdapat komitmen terhadap satu gaya; dan Identity Foreclosure, yang menekankan komitmen kuat terhadap minat dan nilai pribadi sejak awal tanpa melalui eksplorasi luas. Temuan ini menegaskan bahwa media sosial berfungsi sebagai ruang strategis untuk bereksperimen, mengekspresikan diri, dan menegaskan identitas kreatif, baik melalui eksplorasi, refleksi, maupun komitmen terhadap minat pribadi. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman dinamika pembentukan identitas digital generasi muda dan implikasinya terhadap strategi pengembangan konten kreatif di era media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorPujiastuti, Triyani198202102005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorNaser, M. Nikman199301292023210119UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Identitas diri, konten kreator, media sosial, eksplorasi, komitmen, mahasiswa.
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:19
Last Modified: 30 Sep 2025 06:19
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year