PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 ULU MUSI

Downloads

Downloads per month over past year

SAPUTRI, JESSICA ADELIA (2025) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN INQUIRY BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMPN 1 ULU MUSI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SKRIPSI JESSICA ADELIA SAPUTRI_2011280025_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) dan Inquiry berbasis Pictorial Riddle terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Ulu Musi . Penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 54 siswa, dibagi menjadi kelas eksperimen (PBI,n=27) dan kelas kontrol (Inquiry berbasis Pictorial Riddle, n=27). Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah matematis sebelum dan sesudah perlakuan. Analisis data menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk, uji homogenitas levene, uji Mann-Whitney U untuk pretest (data tidak normal), dasn uji independent sample t-test untuk posttest ( data normal dan varian homogen). Dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil menunjukan bahwa pada pretest, tidak ada perbedaan signifikan anta kelompok ( U = 299, p = 0,237 > 0,05, R = -0,181 ; efek kecil), menunjukan kesetaraan kemampuan aeal.. Pada posttest, juga tidak ditemukan perbedaan signifikan (t(52) = 1.20, p = 0.237 > 0,05, d = 0.326; efek kecil hingga sedang), menunjukan bahwa kedua model pembelajaran memiliki efektivitas yang setara. Ukuran efek kecil hingga sedang pada posttest mengindikasikan adanya dampak praktis yang terbatas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Instruction (PBI) dan Inquiry berbasis Pictorial Riddle memiliki efektivitas yang setara dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Ulu Musi.Oleh karena itu, dapat disarankan bahwa untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, maka gunakan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Inquiry Berbasis Pictorial Riddle

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorLubis, Mawardi197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrima Santri198803192015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Intruction (PBI),Inquiry Berbasis Pictorial Riddle,
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:35
Last Modified: 30 Sep 2025 06:35
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5584

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year