ASTUTI, DEWI (2025) SOCIAL EXPRESSIONS IN SPEAKING: STRATEGIES TO BUILD STUDENTS’ INTERACTION IN EFL CLASS (A Case Study at Eighth Grade Students of Private Islamic Secondary School in Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (746kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (746kB) | Preview |
|
![]() |
Text (THESIS)
DEWI ASTUTI_211230033_compressed.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengisi kesenjangan penelitian terkait pemanfaatan strategi ekspresi sosial dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris, terutama pada konteks siswa tingkat menengah yang cenderung pasif dan kurang percaya diri dalam speaking class. Minimnya studi yang mengintegrasikan ekspresi sosial sebagai pendekatan afektif menjadi alasan pentingnya penelitian ini dilakukan. Tujuan utama penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana strategi berbasis ekspresi sosial dapat diterapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris; (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan strategi berbasis ekspresi sosial dalam pembelajaran berbicara; dan (3) Mengevaluasi dampak strategi berbasis ekspresi sosial terhadap tingkat partisipasi siswa dalam berbicara di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara guru serta siswa, dengan subjek 1 guru Bahasa Inggris dan 19 siswa kelas 8 MTs Humairah Kota Bengkulu. Hasil menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan roleplay, diskusi kelompok, dan interaksi sebaya dengan dukungan modeling dari guru. Keberhasilan strategi dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi, kepercayaan diri, dan kepribadian) serta faktor eksternal (dukungan guru, koreksi membangun, dan pendekatan yang sesuai). Strategi ini juga mendorong partisipasi aktif siswa yang sebelumnya pasif. Implikasi metodologisnya menunjukkan bahwa pendekatan kualitatif deskriptif mampu menangkap dinamika emosional dan sosial siswa secara mendalam dalam konteks pembelajaran berbicara
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekspresi Sosial, Strategi Berbicara, Interaksi | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:39 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 01:39 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5610 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year