SOCIAL EXPRESSIONS IN SPEAKING: STRATEGIES TO BUILD STUDENTS’ INTERACTION IN EFL CLASS (A Case Study at Eighth Grade Students of Private Islamic Secondary School in Bengkulu)

Downloads

Downloads per month over past year

ASTUTI, DEWI (2025) SOCIAL EXPRESSIONS IN SPEAKING: STRATEGIES TO BUILD STUDENTS’ INTERACTION IN EFL CLASS (A Case Study at Eighth Grade Students of Private Islamic Secondary School in Bengkulu). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text (THESIS)
DEWI ASTUTI_211230033_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengisi kesenjangan penelitian terkait pemanfaatan strategi ekspresi sosial dalam pembelajaran berbicara bahasa Inggris, terutama pada konteks siswa tingkat menengah yang cenderung pasif dan kurang percaya diri dalam speaking class. Minimnya studi yang mengintegrasikan ekspresi sosial sebagai pendekatan afektif menjadi alasan pentingnya penelitian ini dilakukan. Tujuan utama penelitian adalah: (1) Mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana strategi berbasis ekspresi sosial dapat diterapkan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara bahasa Inggris; (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan strategi berbasis ekspresi sosial dalam pembelajaran berbicara; dan (3) Mengevaluasi dampak strategi berbasis ekspresi sosial terhadap tingkat partisipasi siswa dalam berbicara di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas dan wawancara guru serta siswa, dengan subjek 1 guru Bahasa Inggris dan 19 siswa kelas 8 MTs Humairah Kota Bengkulu. Hasil menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui kegiatan roleplay, diskusi kelompok, dan interaksi sebaya dengan dukungan modeling dari guru. Keberhasilan strategi dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi, kepercayaan diri, dan kepribadian) serta faktor eksternal (dukungan guru, koreksi membangun, dan pendekatan yang sesuai). Strategi ini juga mendorong partisipasi aktif siswa yang sebelumnya pasif. Implikasi metodologisnya menunjukkan bahwa pendekatan kualitatif deskriptif mampu menangkap dinamika emosional dan sosial siswa secara mendalam dalam konteks pembelajaran berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZasrianita, Zasrianita197902172009122003UNSPECIFIED
Thesis advisorAndriadi, Andriadi1984022120019031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Ekspresi Sosial, Strategi Berbicara, Interaksi
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Oct 2025 01:39
Last Modified: 01 Oct 2025 01:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5610

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year