PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH

Downloads

Downloads per month over past year

OKTAVIANNISSA, WINDY (2025) PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
WINDY OKTAVIANNISSA_1811260046.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instrumen penilaian portofolio berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Permasalahan penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa akibat metode penilaian yang kurang variatif dan kurangnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang mendorong kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masingmasing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan penilaian portofolio berbasis STEM, sedangkan kelas kontrol menggunakan penilaian konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kreatif yang dikembangkan berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Data dianalisis menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan penilaian portofolio berbasis STEM dengan yang tidak. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian portofolio berbasis STEM mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian portofolio berbasis STEM berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru IPA menerapkan pendekatan ini sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kemampuan abad 21 siswa, khususnya kreativitas. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan pembelajaran berbasis STEM secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKhermarinah, Khermarinah196309051997032002UNSPECIFIED
Thesis advisorTopano, Andrian1992092720233110125UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian portofolio, STEM, berpikir kreatif, IPA, pembelajaran abad 21.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:02
Last Modified: 01 Oct 2025 07:02
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year