OKTAVIANNISSA, WINDY (2025) PENGARUH INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VII DI SMP NEGERI 11 BENGKULU TENGAH. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (369kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
WINDY OKTAVIANNISSA_1811260046.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh instrumen penilaian portofolio berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA kelas VII di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Permasalahan penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa akibat metode penilaian yang kurang variatif dan kurangnya penggunaan pendekatan pembelajaran yang mendorong kreativitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masingmasing berjumlah 30 siswa. Kelas eksperimen menggunakan penilaian portofolio berbasis STEM, sedangkan kelas kontrol menggunakan penilaian konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes berpikir kreatif yang dikembangkan berdasarkan indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Data dianalisis menggunakan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan penilaian portofolio berbasis STEM dengan yang tidak. Siswa di kelas eksperimen menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penilaian portofolio berbasis STEM mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian portofolio berbasis STEM berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Oleh karena itu, disarankan agar guru IPA menerapkan pendekatan ini sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan kemampuan abad 21 siswa, khususnya kreativitas. Selain itu, pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi pengembangan pembelajaran berbasis STEM secara berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penilaian portofolio, STEM, berpikir kreatif, IPA, pembelajaran abad 21. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:02 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5626 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year