PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS DI KELAS VII SMP 4 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

RAHMADANIATI, ROSSA (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS DI KELAS VII SMP 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (924kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ROSSA RAHMADANIATI_2111260030.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran IPA, dimana pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan pembelajaran dikelas diperoleh pendidik cenderung selalu menggunakan modul dengan metode ceramah pada masa pembelajaran. Sehingga diperoleh peserta didik terlihat kurang memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi,cenderung lebih banyak diam dan terlihat peserta didik melakukan sikap pasif dengan kesibukannya masing-masing seperti berdiskusi tentang hal lain diluar materi pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkan modul ajar pada mata pelajaran IPA tentang klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan pemahaman sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sains siswa dengan media pembelajaran yang berupa modul ajar yang digunakan pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP N 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model sugiyono. Pada instrumen angket validasi kelayakan modul ajarm, respon guru dan siswa. Subjek penelitian melibatkan 3 dosen para ahli, 1 dosen ahli bahasa, 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, guru IPA kelas VII serta siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukkan modul ajar peraga layak digunakan dengan pencapaian presentasi ahli bahasa (100%) ahli materi (87%), dan ahli media (94%). Modul ajar juga dinilai sangat praktis oleh siswa dan guru dengan presentasi siswa (91%) dan guru (85%). Persentase tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dibuat termasuk dalam kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman sains. Analisis data ini dilakukan melalui uji respon siswa dan guru menggunakan angket. Hasil uji respon siswa sebesar 91% dimana sebagian besar siswa memperoleh skor 36 dari jumlah skor 40, yang mengidentifikasikan bahwa modul ajar sangat praktis digunakan untuk pemahaman sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorFadilah, Fadilah198407171008042002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul Ajar, Pemahaman Sains, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:19
Last Modified: 01 Oct 2025 07:19
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5631

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year