RAHMADANIATI, ROSSA (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC (STEM) PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SAINS DI KELAS VII SMP 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
COVER.pdf Download (924kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (117kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
ROSSA RAHMADANIATI_2111260030.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kendala dalam pembelajaran IPA, dimana pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan pembelajaran dikelas diperoleh pendidik cenderung selalu menggunakan modul dengan metode ceramah pada masa pembelajaran. Sehingga diperoleh peserta didik terlihat kurang memperhatikan guru ketika sedang menyampaikan materi,cenderung lebih banyak diam dan terlihat peserta didik melakukan sikap pasif dengan kesibukannya masing-masing seperti berdiskusi tentang hal lain diluar materi pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkan modul ajar pada mata pelajaran IPA tentang klasifikasi makhluk hidup untuk meningkatkan pemahaman sains pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sains siswa dengan media pembelajaran yang berupa modul ajar yang digunakan pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII SMP N 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model sugiyono. Pada instrumen angket validasi kelayakan modul ajarm, respon guru dan siswa. Subjek penelitian melibatkan 3 dosen para ahli, 1 dosen ahli bahasa, 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, guru IPA kelas VII serta siswa kelas VII. Hasil validasi menunjukkan modul ajar peraga layak digunakan dengan pencapaian presentasi ahli bahasa (100%) ahli materi (87%), dan ahli media (94%). Modul ajar juga dinilai sangat praktis oleh siswa dan guru dengan presentasi siswa (91%) dan guru (85%). Persentase tersebut menunjukkan bahwa modul ajar yang dibuat termasuk dalam kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman sains. Analisis data ini dilakukan melalui uji respon siswa dan guru menggunakan angket. Hasil uji respon siswa sebesar 91% dimana sebagian besar siswa memperoleh skor 36 dari jumlah skor 40, yang mengidentifikasikan bahwa modul ajar sangat praktis digunakan untuk pemahaman sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul Ajar, Pemahaman Sains, Klasifikasi Makhluk Hidup | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2025 07:19 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2025 07:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year