PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TERTEEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTs AL-QUR’ANIYAH BENGKULU SELATAN

Downloads

Downloads per month over past year

PURWANTO, PURWANTO (2025) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TERTEEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST KELAS VII DI MTs AL-QUR’ANIYAH BENGKULU SELATAN. Magister (S2) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
TESIS PURWANTO_2323540009.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya kualitas membaca dan menghafal Al-Qur‘an siswa kelas VII, sehingga diperlukan inovasi baru dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Tarteel terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur‘an Hadis di MTs Al-Qur‘aniyah Bengkulu Selatan; dan 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Tarteel terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‘an siswa kelas VII pada mata pelajaran yang sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Instrumen yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi Tarteel terhadap kemampuan membaca Al-Qur‘an siswa, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,001 < 0,005 dengan kontribusi pengaruh sebesar 23,9%; dan 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi Tarteel terhadap kemampuan menghafal Al-Qur‘an siswa, yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,002 < 0,005 dengan kontribusi pengaruh sebesar 20,8%.

Item Type: Thesis (Magister (S2))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurlaili, Nurlaili197507022000032002UNSPECIFIED
Thesis advisorArisandi, Yosy198508012014032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Aplikasi Tarteel, Kemampuan Membaca Al-Qur‘an, Kemampuan Menghafal Al-Qur‘an.
Subjects: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:39
Last Modified: 01 Oct 2025 07:39
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year