PENERAPAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING (QL) SISWA KELAS VIII SMP 33 KAUR

Downloads

Downloads per month over past year

Duita, Santika Tyara (2025) PENERAPAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING (QL) SISWA KELAS VIII SMP 33 KAUR. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (967kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
SANTIKA TYARA DUITA_2011290027.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Quantum Learning (QL) dalam meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 33 Kaur. Model Quantum Learning dipilih karena dianggap mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menyenangkan, dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi guna memperoleh data yang komprehensif terkait proses dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, yang berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, menunjukkan antusiasme yang tinggi, dan mengalami peningkatan pemahaman terhadap struktur dan isi teks eksplanasi. Faktor pendukung dalam penerapan model ini meliputi kesiapan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang variatif serta partisipasi aktif siswa dalam kegiatan kelas. Adapun faktor penghambat yang dihadapi antara lain keterbatasan waktu pembelajaran di kelas dan kurangnya sarana pendukung seperti media dan bahan ajar yang sesuai. Kesimpulannya, model Quantum Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks eksplanasi siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAnsyah, Edi197007011999031002UNSPECIFIED
Thesis advisorAndra, Vebbi198508022015032002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: uantum Learning, membaca, teks eksplanasi, siswa SMP.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:51
Last Modified: 01 Oct 2025 07:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year