STRATEGI PENDAMPINGAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

APRIANI, ICI (2025) STRATEGI PENDAMPINGAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH ALAM BENGKULU MAHIRA KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ICI APRIANI_2111320079.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Strategi Pendampingan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Alam Bengkulu Mahira Kota Bengkulu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendampingan yang diterapkan kepada anak berkebutuhan khusus, khususnya anak autis, di Sekolah Alam Bengkulu Mahira Kota Bengkulu. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, yaitu dengan pemilihan informan dengan pertimbangan tertentu. Jumlah informan dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang, yaitu 2 guru pendamping anak autis sebagai informan utama, 2 orang tua anak autis, dan 2 anak autis sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam dengan guru pendamping dan orang tua, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendampingan yang diterapkan meliputi : menyediakan lingkungan belajar yang mendukung dan terstruktur, pengelolaan perilaku anak, serta pemberian penguatan positif dan motivasi secara konsisten untuk membentuk perilaku yang baik. Tantangan utama dalam pendampingan adalah ketidakkonsistenan pola asuh di rumah dan sekolah, serta kecenderungan orang tua memanjakan anak yang menghambat proses adaptasi sosial. Namun, keberadaan lingkungan belajar yang inklusif, alami, dan penuh empati menjadi faktor pendukung signifikan dalam tumbuh kembang anak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengembangan strategi pendampingan yang lebih efektif di sekolah berbasis alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAgustini, Agustini197203122000032003UNSPECIFIED
Thesis advisorPasmawati, Hermi198705312015032005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pendampingan, anak autis, pendidikan inklusif
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Bimbingan Dan Konseling Islam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 02 Oct 2025 01:38
Last Modified: 02 Oct 2025 01:38
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5656

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year