PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 BENGKULU UTARA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Downloads

Downloads per month over past year

MARDIYATI, MARDIYATI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 BENGKULU UTARA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
MARDIYATI_1811260028.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Bengkulu Utara pada mata pelajaran IPA, khususnya materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya, melalui penerapan model pembelajaran Take and Give. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitiani ini berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa dari 30 siswa, hanya 12 siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 61,17. Sementara itu, pada siklus II, seluruh siswa (100%) dinyatakan tuntas dengan skor rata-rata meningkat menjadi 74,83. Peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran take and give pembelajaran Take and Give efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertukar informasi secara aktif, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif. Respon siswa terhadap model pembelajaran take and give ini juga sebagian besar positif, meskipun ditemukan kendala seperti anggota kelompok yang pasif dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Take and Give dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorYumarni, Asmara197108272005012003UNSPECIFIED
Thesis advisorYunarman, elvida Sari2029069103UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan;Pembelajaran;Makhluk Hidup
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:08
Last Modified: 02 Oct 2025 08:08
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year