MARDIYATI, MARDIYATI (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 06 BENGKULU UTARA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (492kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (477kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
MARDIYATI_1811260028.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII B SMP Negeri 06 Bengkulu Utara pada mata pelajaran IPA, khususnya materi Interaksi Antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya, melalui penerapan model pembelajaran Take and Give. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitiani ini berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pemahaman konsep, serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa dari 30 siswa, hanya 12 siswa (40%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 61,17. Sementara itu, pada siklus II, seluruh siswa (100%) dinyatakan tuntas dengan skor rata-rata meningkat menjadi 74,83. Peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa model pembelajaran take and give pembelajaran Take and Give efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bertukar informasi secara aktif, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan kolaboratif. Respon siswa terhadap model pembelajaran take and give ini juga sebagian besar positif, meskipun ditemukan kendala seperti anggota kelompok yang pasif dan keterbatasan waktu. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Take and Give dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penerapan;Pembelajaran;Makhluk Hidup | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Yuli Astria | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:08 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year