ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VI PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5) DI SDN 50 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

JULIASTUTI, AUDRI AISA (2025) ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VI PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PANCASILA (P5) DI SDN 50 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
AUDRI AISA JULIASTUTI_2111240103_compressed.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di era pendidikan modern, interaksi teman sebaya menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi proses belajar dan pembentukan kreativitas siswa di sekolah dasar. Melalui pemahaman ini, dapat dilihat bahwa hubungan antar siswa bukan hanya sebatas pergaulan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat penting bagi perkembangan diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan interaksi teman sebaya dan kontribusinya terhadap pengembangan kreativitas siswa kelas VI di SDN 50 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru, siswa, dan kepala sekolah, yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya dalam P5 meliputi komunikasi efektif, kerja sama, saling memberi dukungan, berbagi ide, dan penyelesaian konflik secara konstruktif. Interaksi yang positif mendorong kelancaran berpikir, keluwesan ide, keaslian gagasan, rasa ingin tahu, dan keberanian mengambil risiko. Faktor pendukung meliputi kekompakan kelompok, keterbukaan terhadap ide baru, dan bimbingan guru, sedangkan hambatan mencakup perbedaan partisipasi, dominasi anggota tertentu, dan keterbatasan keterampilan komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa interaksi teman sebaya yang terkelola dengan baik mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAryati, Aziza197212122005012007UNSPECIFIED
Thesis advisorMustamin, Abdul Aziz198504292015031007UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; Interaksi Teman Sebaya; P5
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:10
Last Modified: 02 Oct 2025 08:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5671

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year