ANALISIS WATAK DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL RAVENDRA ‘’PERNIKAHAN RAHASIA SISWA’’ SMA KARYA WINSARI

Downloads

Downloads per month over past year

Agustin, Vevi (2025) ANALISIS WATAK DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL RAVENDRA ‘’PERNIKAHAN RAHASIA SISWA’’ SMA KARYA WINSARI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (893kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
VEVI AGUSTIN_2111290054.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter tokoh dalam novel Ravendra: Pernikahan Rahasia Siswa SMA karya Winsari serta mengkaji internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan tiga dimensi Thomas Lickona (2014): pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Selain itu, penelitian ini menelaah kesesuaian watak tokoh dengan teori M.H. Abrams (2009) mengenai karakter statis dan dinamis, serta peran fungsional tokoh sebagai protagonis dan antagonis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data dikumpulkan dari kutipan dialog, narasi, dan tindakan tokoh dalam novel yang relevan dengan pengetahuan, perasaan, dan tindakan moral. Analisis difokuskan pada identifikasi perkembangan karakter, keselarasan watak dengan teori Abrams, serta representasi nilai-nilai pendidikan karakter Kemendiknas (2011) yang meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreativitas, kemandirian, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama seperti Ravendra, Kiara, Arga, dan Ken merupakan karakter dinamis yang mengalami perkembangan signifikan, sementara tokoh seperti Mama Elis, Syelin, Pak Benny, Haikal, Ibu Neli, dan Denis bersifat statis dengan konsistensi karakter. Tokoh antagonis, Alena dan Keisya, menampilkan perilaku negatif yang konsisten dengan niat jahat dan iri hati. Novel ini secara komprehensif merepresentasikan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral melalui interaksi antar tokoh, konflik, dan pengalaman emosional yang dialami, sehingga mencerminkan internalisasi 18 nilai pendidikan karakter secara efektif. Kesimpulannya, novel Ravendra: Pernikahan Rahasia Siswa SMA tidak hanya menyajikan cerita yang menghibur tetapi juga menjadi media edukatif yang efektif untuk membentuk karakter remaja yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, peduli sosial, dan cerdas secara moral

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorKasmantoni, Kasmantoni197510022003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorAstuti, Dina Putri Juni199006022019032010UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Novel Remaja, Nilai Pendidikan Karakter, Pengetahuan Moral, Perasaan Moral, Tindakan Moral, Watak Tokoh, Abrams, Lickona
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 02 Oct 2025 08:28
Last Modified: 02 Oct 2025 08:28
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year