Agustin, Vevi (2025) ANALISIS WATAK DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA NOVEL RAVENDRA ‘’PERNIKAHAN RAHASIA SISWA’’ SMA KARYA WINSARI. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
COVER.pdf Download (893kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (SKRIPSI)
VEVI AGUSTIN_2111290054.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter tokoh dalam novel Ravendra: Pernikahan Rahasia Siswa SMA karya Winsari serta mengkaji internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan tiga dimensi Thomas Lickona (2014): pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral. Selain itu, penelitian ini menelaah kesesuaian watak tokoh dengan teori M.H. Abrams (2009) mengenai karakter statis dan dinamis, serta peran fungsional tokoh sebagai protagonis dan antagonis. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data dikumpulkan dari kutipan dialog, narasi, dan tindakan tokoh dalam novel yang relevan dengan pengetahuan, perasaan, dan tindakan moral. Analisis difokuskan pada identifikasi perkembangan karakter, keselarasan watak dengan teori Abrams, serta representasi nilai-nilai pendidikan karakter Kemendiknas (2011) yang meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreativitas, kemandirian, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, persahabatan, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama seperti Ravendra, Kiara, Arga, dan Ken merupakan karakter dinamis yang mengalami perkembangan signifikan, sementara tokoh seperti Mama Elis, Syelin, Pak Benny, Haikal, Ibu Neli, dan Denis bersifat statis dengan konsistensi karakter. Tokoh antagonis, Alena dan Keisya, menampilkan perilaku negatif yang konsisten dengan niat jahat dan iri hati. Novel ini secara komprehensif merepresentasikan pengetahuan moral, perasaan moral, dan tindakan moral melalui interaksi antar tokoh, konflik, dan pengalaman emosional yang dialami, sehingga mencerminkan internalisasi 18 nilai pendidikan karakter secara efektif. Kesimpulannya, novel Ravendra: Pernikahan Rahasia Siswa SMA tidak hanya menyajikan cerita yang menghibur tetapi juga menjadi media edukatif yang efektif untuk membentuk karakter remaja yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, peduli sosial, dan cerdas secara moral
| Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Novel Remaja, Nilai Pendidikan Karakter, Pengetahuan Moral, Perasaan Moral, Tindakan Moral, Watak Tokoh, Abrams, Lickona | ||||||||||||
| Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
| Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
| Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:28 | ||||||||||||
| Last Modified: | 02 Oct 2025 08:28 | ||||||||||||
| URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5680 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year
Download Statistics
Download Statistics