PENGARUH MEDIA INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

RAMADHANI, DONI (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
DONI RAMADHANI_2111240179.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 129 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sehingga sampel yang dalam penelitian ini ialah kelas VA sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan pembelajaran menggunakan media Kahoot. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji paired sample t-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 30.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan perlakukan. Dibuktikan dengan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest adalah 60,49 dan posttest 91,69. Sedangkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan perhitungan nilai sig (2-tailed) < α (0,001 < 0,05). Hal ini berarti bahwa juga ada pengaruh signifikan penggunaan media interaktif Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPkn kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorGilang, M. Ilham199004122020121003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Kahoot, Hasil Belajar, PPKn
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 06 Oct 2025 01:47
Last Modified: 06 Oct 2025 01:47
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year