KONTRIBUSI TAFSIR JALALAIN DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN ILMU AL-QUR’AN (STUDI KASUS SANTRI KELAS XI MAS 01 DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM KEPAHIANG)

Downloads

Downloads per month over past year

Darma, Catur (2025) KONTRIBUSI TAFSIR JALALAIN DALAM MEMBENTUK PEMAHAMAN ILMU AL-QUR’AN (STUDI KASUS SANTRI KELAS XI MAS 01 DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM KEPAHIANG). Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
Catur Darma_2111420008.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman ilmu AlQur'an yang komprehensif di kalangan santri, khususnya melalui kitab tafsir klasik yang menjadi rujukan utama di pesantren. Tafsir Jalalain sebagai salah satu kitab tafsir paling berpengaruh di dunia pesantren dinilai memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk pemahaman santri terhadap Al-Qur'an. Atas dasar tersebut, peneliti tertarik mengambil judul "Kontribusi Tafsir Jalalain dalam Membentuk Pemahaman Ilmu Al-Qur'an (Studi Kasus Santri Kelas XI MAS 01 di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang)". Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Pengaplikasian penelitian ini dilakukan melalui studi kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tafsir Jalalain memberikan kontribusi multidimensional melalui tiga aspek: (1) aspek kognitif dalam pemahaman teks dan konteks ayat; (2) aspek linguistik melalui penguatan penguasaan nahwu-sharaf; dan (3) aspek afektif melalui internalisasi nilai-nilai Al-Qur'an. Faktor pendukung utamanya meliputi kurikulum terpadu, lingkungan pesantren yang kondusif, dan peran aktif guru dalam kontekstualisasi materi. Adapun faktor penghambatnya adalah karakteristik kitab yang ringkas, kompleksitas bahasa klasik, dan beban kurikulum yang padat. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa Tafsir Jalalain berfungsi sebagai instrumen pedagogis yang efektif dalam membentuk pemahaman ilmu Al-Qur'an secara holistik, dengan keefektifannya sangat bergantung pada kemampuan guru dalam menjembatani keterbatasan teks dan menyajikannya secara kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAgustini, Agustini196808171994032005UNSPECIFIED
Thesis advisorAfri, Yusnelma eka198504232020122004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Tafsir Jalalain, Pemahaman Ilmu Al-Qur'an, Santri, Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang.
Subjects: Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Ilmu Al-qur`an Dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Ilmu Al-qur`an Dan Tafsir
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:10
Last Modified: 06 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5756

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year