Ronalika, Fanisa (2025) Analisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Pancasila Kota Bengkulu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (952kB) | Preview |
|
![]() |
Text (SKRIPSI)
Fanisa Ronalika_21112200277.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian: apakah butir soal Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran Bahasa Arab kelas VIII di MTs Pancasila Kota Bengkulu telah memenuhi kriteria soal yang baik, bagaimana kualitas butir soal tersebut berdasarkan taksonomi Bloom, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas soal UAS Bahasa Arab di MTs Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas butir soal UAS Bahasa Arab kelas VIII di MTs Pancasila, menilai kesesuaian soal dengan standar kualitas, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas soal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh butir soal UAS Bahasa Arab kelas VIII yang berjumlah 31 soal, dengan informan berupa 1 guru mata pelajaran, 1 kepala sekolah, dan 8 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, sebagian besar butir soal telah memenuhi kriteria soal yang baik dari segi materi, redaksi, dan tingkat kesulitan; kedua, analisis taksonomi Bloom menunjukkan soal tersebar dari C1 (mengingat) hingga C6 (mencipta), dengan proporsi tertinggi pada C2 (memahami) dan C3 (menerapkan); ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas soal antara lain kompetensi guru dalam menyusun soal, pengalaman belajar siswa, dan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Kesimpulannya, butir soal UAS Bahasa Arab kelas VIII di MTs Pancasila Kota Bengkulu secara umum memenuhi kriteria soal yang baik, memiliki variasi tingkat kognitif sesuai taksonomi Bloom, serta dipengaruhi oleh faktor internal guru dan siswa, serta faktor eksternal lingkungan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Butir Soal, Bahasa Arab, Ujian Akhir Semester, Taksonomi Bloom | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | Yuliana Saputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Oct 2025 07:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 Oct 2025 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year