IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PUTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Downloads

Downloads per month over past year

MARDIYAH, ZAHROTUL (2025) IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN MAHASANTRI PUTRI MA’HAD AL-JAMI’AH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
ZAHROTUL MARDIYAH_2111210057.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengimplementasian metode tutor sebaya guna meningkatkan hafalan al-Qur‟an mahasantri putri, mengidentifikasi metode yang mereka gunakan dalam proses menghafal, serta mengungkap beragam hambatan yang dihadapi pada pelaksanaan metode tersebut. Namun, permasalahan yang tengah dihadapi oleh perguruan tinggi terutama perguruan tinggi Islam adalah mahasantri lalai dan malas dalam menyetorkan hafalan al- Qur‟annya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tutor sebaya untuk meningkatkan kemampuan hafalan al-Qur‟an Mahasantri Putri Ma‟had al-jami‟ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berbasis pada fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data, teknik seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan. Proses pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan kesimpulan merupakan proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tutor sebaya sangat efektif membantu mahasantri putri Ma'had al-Jami'ah belajar dan menghafal al-Qur'an. Mahasantri Ma‟had al-jami‟ah juga mempunyai prestasi yang membanggakan seperti, memenangkan lomba tilawah tingkat remaja, tahfidz qur‟an 10 juz, murottal 5 juz, pidato 3 bahasa dan lomba kitab kuning. Sebagian besar mahasantri menggunakan metode Wahdah, yaitu menghafal al-Qur'an ayat per ayat dengan mengulang-ulang hafalan sampai 1 pojok hafalan tuntas dan disetorkan kepada tutor sebaya. Mahasantri ini menjalankan dua tugas utama: belajar dan menghafal al-Qur'an. Melalui penerapan tutor sebaya ini memudahkan mahasantri untuk belajar tahsin, tajwid dan menyetorkan hafalannya, dibalik itu semua tentunya ada kendala dalam penerapan metode tutor sebaya ini seperti mahasantri yang masih bercanda ketika tutor menyampaikan pembelajaran kepada mahasantri, tetapi kendala tersebut masih bisa ditoleransi dengan diarahkan oleh ustadz-ustadzah untuk mematuhi peraturan yang telah diterapkan oleh turor maupun ustadz-ustadzahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorZubaedi, Zubaedi196903081996031005UNSPECIFIED
Thesis advisorBasinun, Basinun197710052007102005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Tutor Sebaya, Hafalan al-Qur‟an, Mahasantri
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:34
Last Modified: 09 Oct 2025 03:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/5938

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year