HIDAYATI, SILKA (2025) KONTRIBUSI MUSYRIFAH DALAM MEMBIMBING KEPRIBADIAN ISLAMI MAHASANTRI PUTRI MA’HAD AL-JAMIAH UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Undergraduate (S1) thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (305kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Skripsi)
SILKA HIDAYATI_2111210039.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Mahasantri putri yang berada di Ma‟had Al-Jamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, tidak semuanya berasal dari pesantren ataupun sekolah berasrama. Terdapat kesulitan adaptasi yang dialami, terutama mereka yang berasal dari sekolah umum dan tidak terbiasa dengan kehidupan berasrama yang memiliki aturan islami yang ketat. Di Ma‟had terdapat musyrifah sebagai mahasantri senior semester 7 dan 5, berperan dalam membimbing mahasantri junior melalui program dan kegiatan yang ada. Penelitian ini bertujuan memahami kontribusi musyrifah dalam membimbing kepribadian Islami mahasantri putri Ma‟had AlJamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif field research (penelitian lapangan). Subjek penelitian dan sumber data primer penelitian ini adalah musyrifah dan mahasantri putri. Pengambilan data dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian kontribusi musyrifah dalam membimbing kepribadian Islami mahasantri putri di Ma‟had Al-Jamiah UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dapat dilihat melalui lima aspek utama yang mencerminkan upaya pembinaan kepribadian dalam pendidikan Islam, yaitu pemberian keteladanan, pemberian kebiasaan positif, pemberian nasihat, pemberian perhatian, dan pemberian sanksi atau hukuman. Kepribadian islami yang berhasil terbentuk melalui program dan aturan yang diterapkan oleh Musyrifah Ma‟had Al-Jamiah meliputi Shahibul Ibadah (Ibadah Yang Benar), Matinul Khuluq (Akhlak Yang Kokoh), Haritsun „Ala Waqtihi (Menjaga Waktu Dengan Baik), Munazhzhamun Fi Syu‟unihi (Teratur Dalam Urusan), dan Nafi‟un Lighairihi (Bermanfaat Bagi Orang Lain). Selain itu terdapat tantangan yang dihadapi Musyrifah meliputi kurangnya kesadaran mahasantri, adaptasi terhadap aturan, isu mental health mahasantri, dan tekanan menjadi teladan. Namun, dukungan dari Mudir, ustadz, dan ustadzah membantu mereka mengatasi kendala tersebut dengan semangat pengabdian dan tanggung jawab yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kontribusi Musyrifah, Kepribadian Islami Mahasantri Putri | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Oct 2025 04:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Oct 2025 04:06 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/6021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year