ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS IV SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU

Wijaya Kesumawati, Asih (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS IV SD NEGERI 89 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (632kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI ASIH WIJAYA KESUMAWATI_1911240023.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Alasan dilakukannya penelitan ini adalah peneliti ingin mendeskripsikan apa saja kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah dan bagaimana faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah pada perkalian dan pembagian di kelas IV SD Negeri 89 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa analisis kesulitan belajar siswa pada bilangan cacah perkalian dan pembagian, siswa yang mengalami kesulitan belajar tidak dapat menghapal perkalian dan pembagian dikarenakan siswa tidak mengulang hapalan dan pembelajaran yang telah dipelajari. Siswa pun tidak memahami cara mengerjakan soal perkalian dan pembagian secara bersusun ke bawah, disebabkan siswa tidak berkosentrasi saat guru sedang menjelaskan materi. Maka dari itu siswa tidak mengerti cara menulis dan menjawab soal bilangan cacah perkalian dan pembagian secara bersusun ke bawah. Adapun faktor kesulitan siswa yaitu siswa yang kurang berpartisipasi karena siswa yang mengalami kesulitan belajar hanya diam, siswa yang lambat dalam memproses sesuatu dan nilai ulangannya rendah disebabkan siswa malas dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAdisel, Adisel197612292003121004UNSPECIFIED
Thesis advisorHidayani, Masrifa197506302009012004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I Prof. Dr. Adisel, M.Pd dan Pembimbing II Masrifa Hidayani, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Bilangan Caca, Perkalian, Pembagian.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:51
Last Modified: 30 Aug 2023 01:51
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item