Hartanti Sukma, Nifta (2023) TINDAK TUTUR PADA IKLAN PRODUKKECANTIKAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS IKLAN DI KELAS XII DPIB SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
depan.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text (Sekripsi)
Nifta Hartanti Sukma_1911290084.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tindak tutur pada iklan produk kecantikan di media sosial Youtube dan untuk mengetahui pemanfaatan iklan produk kecantikan di media sosial Youtube pada pembelajaran menulis teks iklan di kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dan kemudian dikaji dan dianalisis secara teoritis (library reseach), dengan pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa: (1) Penulis membahas tentang macam macam tindak tutur yang ada dalam iklan produk kecantikan di media sosial Youtube, yaitu: (a) Representatif/Asertif: dalam iklan ini disebukan tentang produk kecantikkan yang mengandung banyak bahan yang bisa menyelesaikan permasalahan pada kulit pemakainya, juga bukti dengan pemakaian produk tersebut secara teratur dapat membuat kulit konsumen menjadi lebih baik sesuai dengan harapan konsumen; (b) Direktif/Impositif: model iklan menjelaskan tentang manfaat dari produk iklan kecantikkan tersebut mengajak lawan bicaranya (model iklan lainnya) unuk menggunakan produk iklan tersebut agar dapat membuktikan kebenaran dari manfaat dari pemakaian produk kecantikkan tersebut (2) Guru Bahasa Indonesia memanfaatkan iklan produk kecantikkan yang terdapat dalam media sosial Youtube sebagai media pembelajaran yang membantu guru menjelaskan materi menulis teks iklan, setelah guru memberikan contoh iklan produk kecantikan saat pembelajaran, siswa dapat membuat iklan lebih baik dari sebelumnya, siswa juga mengerti macam-macam tindak tutur yang harus ada di dalam iklan yang dibuatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I: Salamah, S.E, M.Pd, dan Pembimbing II: Wenny Aulia Sari, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tindak Tutur Iklan Produk Kecantikan di Media Sosial Youtube, Menulis Teks Iklan. | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Bahasa Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 04:37 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/856 |
Actions (login required)
View Item |