PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs Jâ-alHaq KOTA BENGKULU

DWI PUTRI, CICI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs Jâ-alHaq KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (Sekripsi)
SKRIPSI CICI DWI PUTRI _ 1811260051.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan argumentasi peserta didik belum pernah diukur, proses belajar mengajar masih berpusat pada guru, peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga kemampuan argumentasi peserta didik belum berkembang. Sistem pembelajaran masih konvensional sehingga banyak peserta didik yang belum terbiasa dalam menyampaikan argumentasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis socioscietific issues terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuatitatif dengan metode Quasi Eksperimental Desig, adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Jâ-alHaq yang berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling purposive dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator argumentasi ilmiah menurut Toulmin yang berjumlah 6 soal. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji independent t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis socioscientific issues terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSukarno, Sukarno196102052000031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPerdana Putra, Erik0217108802UNSPECIFIED
Additional Information: PEMBIMBING I: Drs. Sukarno, M.Pd Dan PEMBIMBING II: Erik Perdana Putra, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Socioscientific Issues, Kemampuan Argumentasi, Pencemaran Lingkungan
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:34
Last Modified: 31 Aug 2023 04:34
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item View Item