DWI PUTRI, CICI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS SOCIOSCIENTIFIC ISSUES TERHADAP KEMAMPUAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MTs Jâ-alHaq KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (656kB) | Preview |
|
Text (Sekripsi)
SKRIPSI CICI DWI PUTRI _ 1811260051.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan argumentasi peserta didik belum pernah diukur, proses belajar mengajar masih berpusat pada guru, peserta didik kurang diberikan kesempatan untuk terlibat aktif dalam proses belajar sehingga kemampuan argumentasi peserta didik belum berkembang. Sistem pembelajaran masih konvensional sehingga banyak peserta didik yang belum terbiasa dalam menyampaikan argumentasinya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbasis socioscietific issues terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuatitatif dengan metode Quasi Eksperimental Desig, adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Jâ-alHaq yang berjumlah 156 peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Sampling purposive dengan sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui soal tes yang disusun berdasarkan indikator argumentasi ilmiah menurut Toulmin yang berjumlah 6 soal. Data hasil tes di analisis dengan menggunakan rumus uji independent t-test dengan bantuan SPSS versi 26. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < signifikansi alpha 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis socioscientific issues terhadap kemampuan argumentasi peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di MTs Jâ-alHaq Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | PEMBIMBING I: Drs. Sukarno, M.Pd Dan PEMBIMBING II: Erik Perdana Putra, M.Pd. | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Socioscientific Issues, Kemampuan Argumentasi, Pencemaran Lingkungan | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Ilmu Pengetahuan Alam | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2023 04:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/912 |
Actions (login required)
View Item |