PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP DAYA SERAP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LEMBAGA SOSIAL DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU

Sartika, Dimas (2023) PENGARUH MEDIA POSTER TERHADAP DAYA SERAP SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI LEMBAGA SOSIAL DI MTs PANCASILA KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (SEKRIPSI)
SKRIPSI DIMAS SARTIKA _ 1911270057.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap daya serap siswa kelas VII mata pelajaran IPS materi Lembaga Sosial di MTs Pancasila Kota Bengkulu. peneliti mengambil kelas VII untuk dijadikan sampel yang berjumlah 33 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes dan dokumentasi. Setelah kemampuan pretest diperoleh, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media poster. Sehingga diperoleh kemampuan posttest pada kelas yang diteliti, Sebelumnya nilai posttest untuk pembelajaran secara konvesional telah di peroleh dari guru IPS MTs Pancasila Kota Bengkulu. Bila dilihat dari frekuensi hasil belajar siswa mengunakan media poster 9 siswa dikelompokkan atas/tinggi (28%) dengan nilai test 93,7 ke atas, 20 siswa kelompokkan tengah/sedang (60%) dengan nilai test 62,3-93,7 dan 4 siswa dikelompokkan rendah/bawah (12%) dengan nilai test 62,3 ke bawah. Serta nilai rata-rata posttest sebesar 78. Sedangkan kemampuan siswa pada saat pembelajaran konvensional/tanpa mengguankan media poster bila dilihat dari frekuensi hasil belajar 6 siswa dikelompokkan atas/tinggi (18%) dengan nilai 67,08 ke atas, 22 siswa dikelompokkan tengah/sedang (67%) dengan nilai 39,88-67,08 dan 5 siswa dikelompokkan rendah/bawah (15%) dengan nilai 39,88 ke bawah. Serta nilai rata-ratanya sebesar 53,48. adapun hasil daya serap siswa menggunakan media poster adalah 78% dengan katagori tinggi dan nilai KKM individunya sebesar 57%. Sedangkan daya serap siswa tanpa menggunakan media poster adalah 58% dengan katagori sedang dan nilai KKM individunya sebesar 12%. Dari perhitungan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dengan hasil yang diperoleh sedangkan dengan df 60 pada taraf signifikan 5% yaitu 2,000. Dengan demikian ≥ (6,627 ≥ 2,000),yang berarti hipotesis kerja ( ) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media poster terhadap daya serap siswa kelas VII MTs Pancasila Kota Bengkulu. hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi berbagai pihak sebagai sebuah masukkan yang bermanfaat demi kemajuan dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: PEMBIMBING I: Prof. Dr. Adisel, M.Pd DAN PEMBIMBING II: Salamah, SE, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Poster, Daya Serap, Pembelajaran IPS
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadirs Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:06
Last Modified: 31 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/984

Actions (login required)

View Item View Item