Miliana, Riza (2023) PEGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARANBERCERITA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK BHAKTIFAMILI KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.
|
Text
DEPAN.pdf Download (944kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
RIZA MILIANA_1911250021.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pengembangan audio visual digital berbantu aplikasi Canva dalam pembelajaran bercerita untuk anak usia dini di TK Bhakti Famili Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Proses atau metode yang digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan produk atau audio visual. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah sebuah video animasi bercerita. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang berada di kelas B1. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obsevasi, angket, dan teknik dokumentasi. Berdsarkan hasil penelitian dari hasil observasi oleh peneliti dengan pengisian lembar angket maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media video pembelajaran bercerita, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan daya ingat anak terhadap proses pembelajaran bercerita. Validasi video pembelajaran bercerita berbantu aplikasi canva untuk anak usia dini. Yang awalnya pada validasi pertama dengan persentase 73% dan validasi kedua dengan persentase 89%. Hasil validasi ini mengalami beberapa revis kepada ahli sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Dengan demikian validasi ini mengalami peningkatan 16%. Hasil perhitungan data-data, menunjukkan bahwa hasil lembar kegiatan Pre-Test anak 60,6%, sedangkan pada hasil lembar kegiatan Post-Tes anak sebesar 84,6% penjumlahan dan pengurangan menggunakan video pembelajaran bercerita berbantu apllikasi canva untuk anak usia dini. Dengan demikian, mengalami peningkatan 24%. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran bercerita dapat digunakan untuk proses pembelajaran bercerita peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Buyung Surahman, M.P Pembimbing II : Fatrica Syafri, M.Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Canva, Pembelajaran Bercerit | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | furqon adli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Aug 2023 04:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:30 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/993 |
Actions (login required)
View Item |