PEGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARANBERCERITA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK BHAKTIFAMILI KOTA BENGKULU

Miliana, Riza (2023) PEGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARANBERCERITA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK BHAKTIFAMILI KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
RIZA MILIANA_1911250021.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pengembangan audio visual digital berbantu aplikasi Canva dalam pembelajaran bercerita untuk anak usia dini di TK Bhakti Famili Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Proses atau metode yang digunakan untuk memvalidasi dan mengembangkan produk atau audio visual. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah sebuah video animasi bercerita. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang berada di kelas B1. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obsevasi, angket, dan teknik dokumentasi. Berdsarkan hasil penelitian dari hasil observasi oleh peneliti dengan pengisian lembar angket maka berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Media video pembelajaran bercerita, dapat meningkatkan kemampuan pemahaman dan daya ingat anak terhadap proses pembelajaran bercerita. Validasi video pembelajaran bercerita berbantu aplikasi canva untuk anak usia dini. Yang awalnya pada validasi pertama dengan persentase 73% dan validasi kedua dengan persentase 89%. Hasil validasi ini mengalami beberapa revis kepada ahli sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik. Dengan demikian validasi ini mengalami peningkatan 16%. Hasil perhitungan data-data, menunjukkan bahwa hasil lembar kegiatan Pre-Test anak 60,6%, sedangkan pada hasil lembar kegiatan Post-Tes anak sebesar 84,6% penjumlahan dan pengurangan menggunakan video pembelajaran bercerita berbantu apllikasi canva untuk anak usia dini. Dengan demikian, mengalami peningkatan 24%. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran bercerita dapat digunakan untuk proses pembelajaran bercerita peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSurahman, Buyung196110151984031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSyafri, Fatrica198510202011012011UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Buyung Surahman, M.P Pembimbing II : Fatrica Syafri, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Canva, Pembelajaran Bercerit
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 30 Aug 2023 04:30
Last Modified: 30 Aug 2023 04:30
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item