IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BENGKULU UTARA FILIAL KECAMATAN ULOK KUPAI KABUPATEN BENGKULU UTARA

Nufika Lestari, Lorenza (2023) IMPLEMENTASI METODE WAHDAH DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN JUZ 30 PADA SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BENGKULU UTARA FILIAL KECAMATAN ULOK KUPAI KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduate thesis, UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU.

[img] Text (Skripsi)
1711210203 LORENZAA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lorenza Nufika Lestari NIM 1711210203, Judul Skripsi “Implementasi Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Hafalan Juz 30 Pada Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Utara Filial Kecematan Ulok Kupai Kabupaten Bengkulu Utara”. Skripsi: Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Tadris UIN FAS Bengkulu, Pembimbing: 1. Dr. Mus Mulyadi, M.Pd, 2. Asmara Yumarni, S.Ag. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana implementasi metode wahdah dalam pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Utara Filial (2) apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat metode wahdah dalam pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Utara Filial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari manusia, tempat, dan kertas yang diperoleh dari lapangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode wahdah dalam pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bengkulu Utara Filial, yaitu: 1) Menggunakan satu jenis mushaf Al�Qur’an, 2) Hafalan dilakukan dengan satu per satu ayat-ayat, kemudian mengulangnya hingga benar-benar hafal, 3) Upayakan membuat target hafalan perhari, 4) Memperdengarkan hafalannya sebelum disetorkan kepada guru, 5) ix Berusaha membenarkan ucapan dan bacaan, 6) Setiap ayat dibaca sebanyak 10 kali atau lebih, setelah benar-benar hafal barulah dilanjutkan pada ayat berikutnya dengan cara yang sama. Faktor-faktor pendukung dan penghambat metode wahdah dalam pembelajaran hafalan juz 30 pada siswa di MIN 2 Bengkulu Utara Filial, yaitu: a) Siswa tidak fokus, b) Malas, c) Kondisi lingkungan kurang efektif. Implementasi metode wahdah dalam pembelajaran hafalan juz 30 di MIN 2 Bengkulu Utara Filial dalam menghafal juz 30 siswa telah mampu mencapai target hafalan yang telah di programkan disekolah, siswa mampu menghafal juz 30 dengan baik dan benar sesuai makhrajnya. Kata Kunci: Implementasi Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Hafalan Juz 30

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorMulyadi, MusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYumarni, AsmaraUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mus Mulyadi, M.Pd, 2. Asmara Yumarni, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Implementasi Metode Wahdah Dalam Pembelajaran Hafalan Juz 30
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuliana Saputri
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:25
Last Modified: 08 Jun 2023 02:26
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item