PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI II KOTA BENGKULU

Sari, Yanita (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NILAI KARAKTER MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI DI TK PERTIWI II KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno.

[img]
Preview
Text
DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
YANITA _ 1911250027.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan agama di Tk Pertiwi II Kota Bengkulu dan Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan perannya dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran guru dalam mengembangkan nilainilai moral dan agama di Tk Pertiwi II Kota Bengkulu yaitu: pertama, peran sebagai pembimbing yang dilakukan dengan cara mengarahkan melalui metode bercakap-cakap kepada anak-anak secara langsung dengan bahasa dan tutur kata yang lemah lembut. Kedua, berperan sebagai pelatih, guru melakukan perannya dengan cara menanamkan norma melalui pembiasaan-pembiasan dan/atau pelatihan terus-menerus. Ketiga, guru berperan sebagai motivator dilakukan dengan cara memberi motivasi atau mendorong anak menggunakan pemberian pujian dan rangsangan dengan berbagai kegiatan yang disukai anak. Keempat, peran guru sebagai inspirator, dalam penanaman moral guru mengaplikasikannya melalui pemberian contoh- contoh menggunakan media berupa gambar atau cerita bergambar bahkan terkadang guru itu sendiri yang menjadi modelnya/contohnya bagi anak didiknya.Kelima, peran guru sebagai evaluator artinya guru berperan sebagai penilai/evaluasi yang dilakukan dengan cara menilai norma yang ditampilkan anak menggunakan format penilaian ceklist dan catatan anekdot disertai juga dengan beberapa kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan standar penilaian bagi anak usia dini. 2) Kendala yang dihadapi guru dalam melakukan perannya dalam mengembangkan nilai-nilai moral dan agama pada anak usia dini, 5 berasal dari faktor intern yaitu karakter anak yang berbeda-beda seperti ada yang terlalu pendiam dan ada juga yang terlalu aktif, dan dari faktor ekstern anak adalah dari lingkungan keluarga yakni dari pola asuh, kemudian faktor dari masyarakat disekitar tempat anak bergaul dan bersosialisasi setiap harinya yang kurang baik dan kurang mendukung akan apa yang diupayakan guru untuk mengembangkan nilai-nilai moral dan agama kepada anak didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebrini, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorJelita, Dian199401142019032012UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Deni Febrini, M.Pd Pembimbing II : Dian Jelita, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Mengembangkan Nilai-Nilai Moral Dan Agama, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: furqon adli
Date Deposited: 01 Sep 2023 03:09
Last Modified: 01 Sep 2023 03:09
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1157

Actions (login required)

View Item View Item