PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMPN 05 SELUMA

Dari, Jesika Ulan (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DENGAN PENDEKATAN SAINSTIFIK PADA MATERI BENTUK ALJABAR UNTUK SISWA SMPN 05 SELUMA. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811280036 FTT MMTK JESIKA ULAN DARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa pengembangan E-Modul matematika yang integrase nilai-nilai Islam dengan pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMPN 05 Seluma. hal tersebut terjadi dikarenakan keterbatasan yang dimiliki. Maka perlu adannya pengembangan bahan ajar berupa E-Modul. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Plomp. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII. Pengumpulan data diambil melalui angket (angket analisis kebutuhan, angket validasi, angket tanggapan, tes), dan observasi. Data dianalisis melalui analisis angket kevalidan E-Modul, analisis angket respon guru dan siswa, dan Keefektifan E-modul. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMPN 05 Seluma sebagaimana menjawab rumusan masalah dalam peneltian yaitu hasil uji kelayakan (sesuai dengan pengembangan E-Modul matematika dengan pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar dapat dikatakan sangat layak ditinjau dari aspek materi dengan perolehan skor sebesar 80%, Berdasarkan validasi oleh ahli agama di peroleh jumlah skor total 47 dengan skor maksimal 52 sehingga di dapatkan nilai sebesar 90.38% dan E-Modul dinyatakan kedalam kategori layak dan sangat layak), hasil uji praktis (E-Modul matematika integrasi nilai-nilai islam dengan pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar dinyatakan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dengan nilai persentase dari respon guru sebesar 93%), dan hasil uji efektif (pengembangan E-Modul matematika integrasi nilai-nilai islam dengan pendekatan saintifik pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP Negeri 05 Seluma dinyatakan efektif dan telah memenuhi syarat dengan skor 77,24% dalam kriteria efektif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSunarto, Andang197611242006041002UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian2003038101UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Prof Andang Sunarto, Ph. D Pembimbing 2: Betti Dian Wahyuni, M.Pd Mat
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Integrasi Nilai-Nilai Islam, Bentuk Aljabar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:29
Last Modified: 01 Sep 2023 08:29
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item