PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK SISWA SMK JURUSAN TEKNIK MESIN

Sulastri, Ani (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) UNTUK SISWA SMK JURUSAN TEKNIK MESIN. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img] Text (Skripsi)
1811280049 FTT MMTK Ani Sulastri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia merupakan suatu hal yang mutlak dan harus diupayakan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan sebuah bahan ajar yang dapat memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memahami pembelajaran matematika dengan baik. Maka melalui pengembangan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engeneering and Mathematics) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik di kelas. Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan LKPD yang valid, praktis dan efektif pada materi Barisan dan Deret kelas X SMK. Subjek yang dipilih tertuju kepada peserta didik kelas X TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) SMKN 3 Seluma yang berjumlah 28 peserta didik. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE: analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Dimana berdasarkan instrumen penelitian didapatkan hasil dari pengumpulan data berupa angket lembar validasi yang diberikan kepada 6 ahli dan dapat diketahui bahwa hasil validasi ahli materi sains 92,5%, ahli materi teknologi 92,5%, ahli materi teknik 92,5%, ahli materi matematika 90%, validasi ahli media 95%, dan validasi ahli bahasa 93,3%. Berdasarkan penilaian keenam ahli tersebut, didapatkan rata-rata sebesar 92,63% sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan berkriteria sangat valid. Selanjutnya angket juga diberikan kepada pendidik dan peserta didik. Hasil analisis angket respon peserta didik didapatkan persentase 91,09%, serta hasil analisis angket respon oleh pendidik yang mengajar di kelas X TBSM SMKN 3 Seluma didapatkan persentase 92,5%. Berdasarkan hasil penilaian angket tersebut didapat rata-rata sebesar 91,79% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji LKPD terhadap peserta didik dihitung menggunakan persentase nilai N-Gain dengan tujuan sebagai data untuk membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan LKPD. Adapun persentase nilai N-Gain yang didapatkan sebesar 75,19 dengan klasifikasi keefektifan yang dicapai adalah efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorSaltifa, Poni2014079102UNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, Betti Dian2003038101UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Poni Saltifa, M.Pd Pembimbing 2: Betti Dian Wahyuni, M.Pd Mat.
Uncontrolled Keywords: LKPD, STEM, Barisan dan Deret.
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 01 Sep 2023 08:42
Last Modified: 01 Sep 2023 08:42
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1200

Actions (login required)

View Item View Item