IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI RA MISBAHUL KHAIR KOTA BENGKULU

Sari, Atiek Puspita (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI DI RA MISBAHUL KHAIR KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
1811250031 FTT PIAUD Atiek Puspita Sari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian: (1) Implementasi outdoor learning dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini RA Misbahul Khair Kota Bengkulu, pada tema Alam Semesta dilaksanakan dengan tiga model kegiatan yaitu pertama, karya wisata, metode ini dilakukan dengan langkah persiapan yakni menentukan kegiatan sesuai tema melalui rapat guru dan wali murid membahas teknis pelaksanaan dan persiapan dana. ketiga, evaluasi dilakukan rapat guru untuk mengetahui keberhasilan dan kendala yang dihadapi. kedua, kegiatan jelajah alam sekitar (JAS) yang dilaksanakan dalam sub tema benda-benda alam dilakasanakan dengan langkah persiapan yaitu persiapan materi (menyusun RPPH) dan teknik pelaksanaan, selanjutnya langkah pelaksanaan dimulai dengan pembukaan yaitu salam, berdoa, dawamul Qur‟an dan apersepsi tentang tema benda alam Ketiga kegiatan ekostudi dalam sub tema gejala alamdilaksanakan dengan tiga langkah yaitu persiapan, menyusun RPPH dan persiapan alat yang dibutuhkan. Kedua, langkah pelaksanaan yang mencakup pembukaan berisi salam, berdoa, dawamul Quran, apersepsi tentang sub tema gejala alam. kegiatan inti dilaksanakan diluar kelas yakni merawat kebun sekolah dengan mencabuti rumput dan menyiram tanaman. Tahap penutup dengan tanya jawab kegiatan yang telah dilaksanakan. Ketiga, evaluasi dengan membuat atau mengisi penilaian harian perkembangan anak berdasrkan hasil observasi dan wawancara pada kegiatan ekostudi tersebut. (2) Hasil implementasi ditunjukkan dengan tingkat ix pencapaian anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dalam beberapa indikator kecerdasan naturalis diantaranya 3 dari 11 anak mampu mengenali dan menyebutkan benda alam, 2 dari 11 anak mampu menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan, 2 dari 11 anak senang memberi makan kelinci, 4 dari 11 anak mampu merawat tanaman, dan 8 dari 11 anak senang dan antusias saat belajar di luar kelas. (3) faktor pendukung outdoor learning antara lain:Sarana prasarana yang cukup memadai, Guru-guru yang kompeten, Letak georafis yang cukup strategis, Faktor penghambatnya diantaranya alokasi waktu, cuaca dan suasana belajar yang kurang kondusif. Alternatif solusi untuk faktor penghambat antara lain; Membuat pemetaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorFebriani, Deni197502042000032001UNSPECIFIED
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Deni Febrian, M.Pd Pembimbing 2: wiwinda,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning, Kecerdasan Naturalis, Anak Usia Dini
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:16
Last Modified: 04 Sep 2023 04:16
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1239

Actions (login required)

View Item View Item