Sari, Atiek Puspita
(2023)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING DALAM
MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA
DINI DI RA MISBAHUL KHAIR KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Abstract
Hasil penelitian: (1) Implementasi outdoor learning dalam
mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini RA Misbahul Khair Kota
Bengkulu, pada tema Alam Semesta dilaksanakan dengan tiga model kegiatan
yaitu pertama, karya wisata, metode ini dilakukan dengan langkah persiapan yakni
menentukan kegiatan sesuai tema melalui rapat guru dan wali murid membahas
teknis pelaksanaan dan persiapan dana. ketiga, evaluasi dilakukan rapat guru
untuk mengetahui keberhasilan dan kendala yang dihadapi. kedua, kegiatan
jelajah alam sekitar (JAS) yang dilaksanakan dalam sub tema benda-benda alam
dilakasanakan dengan langkah persiapan yaitu persiapan materi (menyusun
RPPH) dan teknik pelaksanaan, selanjutnya langkah pelaksanaan dimulai dengan
pembukaan yaitu salam, berdoa, dawamul Qur‟an dan apersepsi tentang tema
benda alam Ketiga kegiatan ekostudi dalam sub tema gejala alamdilaksanakan
dengan tiga langkah yaitu persiapan, menyusun RPPH dan persiapan alat yang
dibutuhkan. Kedua, langkah pelaksanaan yang mencakup pembukaan berisi
salam, berdoa, dawamul Quran, apersepsi tentang sub tema gejala alam. kegiatan
inti dilaksanakan diluar kelas yakni merawat kebun sekolah dengan mencabuti
rumput dan menyiram tanaman. Tahap penutup dengan tanya jawab kegiatan yang
telah dilaksanakan. Ketiga, evaluasi dengan membuat atau mengisi penilaian
harian perkembangan anak berdasrkan hasil observasi dan wawancara pada
kegiatan ekostudi tersebut. (2) Hasil implementasi ditunjukkan dengan tingkat
ix
pencapaian anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dalam beberapa indikator
kecerdasan naturalis diantaranya 3 dari 11 anak mampu mengenali dan
menyebutkan benda alam, 2 dari 11 anak mampu menunjukkan kepedulian
terhadap lingkungan, 2 dari 11 anak senang memberi makan kelinci, 4 dari 11
anak mampu merawat tanaman, dan 8 dari 11 anak senang dan antusias saat
belajar di luar kelas. (3) faktor pendukung outdoor learning antara lain:Sarana
prasarana yang cukup memadai, Guru-guru yang kompeten, Letak georafis yang
cukup strategis, Faktor penghambatnya diantaranya alokasi waktu, cuaca dan
suasana belajar yang kurang kondusif. Alternatif solusi untuk faktor penghambat
antara lain; Membuat pemetaan kegiatan.
Actions (login required)
|
View Item |