PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKUKAN SHALAT ZHUHUR BERJAMA’AH DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

EFENDI, IRPAN (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DALAM MELAKUKAN SHALAT ZHUHUR BERJAMA’AH DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (Skripsi)
DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi)
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (614kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
REVISI BUK WIWINDA PRINT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi masih banyak siswa yang menghindari shalat berjama’ah di masjid SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu seperti pergi ke kantin, ngobrol di kelas dan lainlain. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melakukan sholat zhuhur dan untuk mengetahui apa saja faktor hambatan dan pendukung dan faktor-faktor peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan dan apa saja solusi guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melakukan sholat zhuhur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah wali kelas X satu orang XI satu orang dan XII satu orang sedangkan sumber data sekunder ialah kepalah sekolah dan siswa SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melakukan sholat zhuhur berjama’ah di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu sangat besar karena sudah menjalankan perannya dengan baik yaitu,selalu ikut untuk shalat berjama’ah dengan siswa, mermberikan motivasi, selalu memberikan motivasi dan arahan tentang shalat berjama’ah, dan selalu memfasilitasi untuk shalat berjama’ah dan mengevaluasi siswa yang mengerjakan shalat dan yang tidak mengerjakan serta memberikan nilai aplus kepada siswa yang mengerjakan shalat berjama’ah dan memberikan sanksi bagi yang tidak shalat berjama’ah. dan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peran guru yaitu faktor pendukung meliputi kepalah sekolah dan seluruh guru dan stafnya mendukung program shalat berjama’ah. Sedangkan faktor penghambat nya adalah watak dan perilaku siswa, diri sendiri masih kurangnya kesadran siswa dalam melakukan shalat berjama’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNurniswah, Nurniswah19630823994032001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Citra, Desy197512102007102002UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing 1: Dra. Nurniswah, M.Pd Pembimbing 2: Dr. Desy Eka Citra, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kedisiplinan, Sholat Dzuhur
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Yuli Astria
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:32
Last Modified: 04 Sep 2023 07:32
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item