PENGARUH KEGIATAN DRUM BAND UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU

Yani, Helen Putri (2022) PENGARUH KEGIATAN DRUM BAND UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN MUSIKAL PADA ANAK USIA DINI DI TK HANG TUAH KOTA BENGKULU. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text (skripsi)
1811250012 HELEN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan drum band untuk meningkatkan kecerdasan musikal pada anak usia dini di TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian, Dapat disimpulkan bahwa kegiatan drum band terbukti telah berpengaruh terhadap kecerdasan musikal anak usia dini di TK Hang Tuah Kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan postest kelompok ekperimen dan kontrol pada saat penelitian terbukti mengalami peningkatan. Pada perlakuan eksperimen mengalami kenaikan 80% dari hasil pretest sebelumnya 30% dengan adanya pemberian perlakuan menggunakan metode bermain alat musik drum band tersebut menjadi meningkat 90%. Pada saat perlakuan tidak menggunakan metode bermain alat musik mengalami penurunan 55%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorNirwana, Evi Selva197702182007012018UNSPECIFIED
Thesis advisorWiwinda, Wiwinda197606042001122004UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Evi Selva Nirwana, M.Pd. Pembimbing II: Wiwinda, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Alat Musik Drum Band, Kecerdasan Musikal
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Arlan Fairuz
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:22
Last Modified: 05 Sep 2023 01:22
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item