AZIZA, NORA
(2022)
ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT MENGENAI
PENERAPAN MARKETING SYARIAH DALAM
MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA
BSI KC PANORAMA KOTA BENGKULU.
Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Fatmawari Sukarno Bengkulu.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
persepsi nasabah mengenai penerapan marketing syariah yang di
lakukan BSI KC Panorama Kota Bengkulu dan Bagaimana
kepuasan nasabah terhadap penerapan marketing syariah BSI KC
Panorama Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif yang bersifat deskriftif. Teknik pengumpulan data yaitu:
Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Triangulasi data.
Informan dalam penelitian ini sebanyak 11 orang yaitu 1
karyawan dan 10 orang nasabah BSI KC Bengkulu Panorama.
Hasil penelitian menunjukan penerapan marketing syariah pada
BSI KC Panorama Kota Bengkulu pada dasarnya sudah baik hal
ini terlihat dari beberapa aspek yaitu: teitis (rabbaniyah),
bersikap adil kepada seluruh nasabah, transparan, jujur, dan tidak
mengambil uang yang bukan haknya. Etis (akhlaqiyyah), ramah
tamah, sopan, perhatian terhadap permasalahan, bahasa yang
mudah dipahami. Realistis (al-waqiyyah) berpenampilan rapi,
bersih, menutup aurat, dan tidak berlebihan. Humanistis (alinsaniyyah), bank memposisikan sebagai mitra sejajar. Nasabah
BSI KC Panorama Kota Bengkulu sudah cukup puas mengenai
Penerapan Marketing Syariah yang di lakukan BSI KC Panorama
Kota Bengkulu, hal ini dibuktikan dengan semakin loyal nasabah
pada produk, rutin bertransaksi dan tidak hanya menggunakan 1
produk saja.
Actions (login required)
|
View Item |