PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERNUANSA ISLAMI PADA MATERI ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

Permatasari, Dia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERNUANSA ISLAMI PADA MATERI ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
DIA PERMATASARI NIM. 1911280017.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuansa islami pada materi aljabar kelas VII di MTs Pancasila Kota Bengkulu yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Martin Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation (analisis kurikulum, peserta didik, materi, dan desain), tahap prototype (validasi, evaluasi, dan revisi) yang meliputi expert review, one-to-one dan small group. Hasil pengembangan instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuansa islami pada materi aljabar kelas VII di MTs Pancasila Kota diperoleh nilai validitas dari 4 orang validator yaitu 2 orang dosen ahli matematika, 1 orang dosen keagamaan dan 1 orang guru matematika. Berdasarkan hasil telah diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Aiken V dengan indeks validitas secara berturut-turut sebesar 0,83, 0,67, dan 1 dinyatakan valid dengan indeks Aikens V > 0,65. Selanjutnya instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuasa islami yang sudah peneliti kembangkan diperoleh nilai kepraktisan pada tahap small group (6 orang peserta didik) sebesar 93,75% berada pada kriteria sangat praktis. Dan berdasarkan hasil persentase analisis respon yang telah dilakukan oleh salah seorang guru MTs Pancasila dan 6 orang siswa MTs Pancasila, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepraktisan soal asesmen sudah praktis 82% dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIPEmail
Thesis advisorAkbarjono, ali197509252001121004UNSPECIFIED
Thesis advisorSaltifa, Poni201479102UNSPECIFIED
Additional Information: Pembimbing I:Dr. Ali Akbarjono, M. Pd, Pembimbing II: Poni Saltifa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen Assesmen, Koneksi Matematis Bernuansa Islami , Materi Aljabar
Subjects: Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Dr Syahril Syahril
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:14
Last Modified: 05 Sep 2023 02:14
URI: http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item