Permatasari, Dia (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESMEN UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS BERNUANSA ISLAMI PADA MATERI ALJABAR UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
|
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (Skripsi)
DIA PERMATASARI NIM. 1911280017.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu mengembangkan instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuansa islami pada materi aljabar kelas VII di MTs Pancasila Kota Bengkulu yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D/Research and Development dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Martin Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, tahap self evaluation (analisis kurikulum, peserta didik, materi, dan desain), tahap prototype (validasi, evaluasi, dan revisi) yang meliputi expert review, one-to-one dan small group. Hasil pengembangan instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuansa islami pada materi aljabar kelas VII di MTs Pancasila Kota diperoleh nilai validitas dari 4 orang validator yaitu 2 orang dosen ahli matematika, 1 orang dosen keagamaan dan 1 orang guru matematika. Berdasarkan hasil telah diuji validitasnya dengan menggunakan rumus Aiken V dengan indeks validitas secara berturut-turut sebesar 0,83, 0,67, dan 1 dinyatakan valid dengan indeks Aikens V > 0,65. Selanjutnya instrumen assesmen untuk mengukur kemampuan koneksi matematis bernuasa islami yang sudah peneliti kembangkan diperoleh nilai kepraktisan pada tahap small group (6 orang peserta didik) sebesar 93,75% berada pada kriteria sangat praktis. Dan berdasarkan hasil persentase analisis respon yang telah dilakukan oleh salah seorang guru MTs Pancasila dan 6 orang siswa MTs Pancasila, dapat disimpulkan bahwa tingkat kepraktisan soal asesmen sudah praktis 82% dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Additional Information: | Pembimbing I:Dr. Ali Akbarjono, M. Pd, Pembimbing II: Poni Saltifa, M. Pd | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Instrumen Assesmen, Koneksi Matematis Bernuansa Islami , Materi Aljabar | ||||||||||||
Subjects: | Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Tadris > Tadris Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Dr Syahril Syahril | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:14 | ||||||||||||
URI: | http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/1298 |
Actions (login required)
View Item |